Kamis, 29 November 2007

IBUKU, "Wanita Perkasa"

Bismillah...

Saat sedang mengalami masalah berat seperti ini, seperti biasa sebagai orang yang imannya masih labil, aku teringat Allah... aku kembali agak serius dalam sholat, agak lama doanya... pake menitikkan air mata segala, saya nggak tahu air mata buaya kali ya, hanya Allah yang tahu... karena dikala senang, seperti biasa aku lupa lagi, aku hanyut dalam hal2 yang "laghwi" lagi.

Selain jadi ingat Allah sebagai baking terakhir yang diandalkan, aku juga teringat Ibu.. ya ibuku yang nan jauh disana... ibuku yang juga sedang berkutat dengan penderitaannya karena sakit stroke yang sudah diderita 2 tahun ini. Ibuku yang sekarang susah sekali berkomunikasi, karena kata dokter ada syaraf bicara yang tidak berfungsi...

Tapi Alhamdulillah, Allah masih sayang sama beliau, masih diberi kekuatan untuk Sholat, dzikir, berjalan walau pelan-pelan, dll. Ah, aku jadi sangat merasa berdosa karena tidak bisa selalu berada didekatnya. Pdahal aku sangat tahu bahwa beliau sangat sayang padaku... 3 / 4 tahun yang lalu., jika aku menghadapi masalah-masalah berat, ibuku selalu seperti merasakan juga., dan segera bertanya aku kenapa? Dengat taku-takut aku biasanya kemudian mengadu kepadanya... sampai seringkali menangis bersama... tangannya yang lembut membelai belai kepalaku, kadang memijat-mijat pundakku, dll yang menambah aku jadi merasa nyaman.

Beliau selalu berucap, sabar... pasti masalah segera berakhir., banyak berdoa, dan Ibu juga akan selalu berdoa. Sambil terus dipijat, akhirnya aku tertidur sampai kira-kira jam 3.30 dini hari, ada rasa air dingin membasuh mukaku, rupanya ibuku dengan tangan yang masih basah oleh air wudzu membangunkanku... Beliau berkata dengan lembut: "katanya mau sholat..?" dengan malas aku jawab: "iya bentar, Ibu sudah...?" "sudah 2 jam..." jawabnya... Hmmm??

Tak terasa aku tidur lagi... Jam 4.20 Ibu membangunkanku lagi... dan posisi beliau masih tetap sama... dengan mukena masih terpakai, diatas sajadah kumal, serta tasbih di tangan... beliau berkata: "bentar lagi shubuh, cepetan wudhlu kita berjamaah Shubuh..."

Tidak ada komentar: